5 Cara Optimasi SEO di Instagram, Dijamin Ampuh!

Tak hanya berlaku pada halaman pertama di Google, ternyata SEO (Search Engine Optimization) juga bisa berlaku ke media sosial seperti Instagram. Secara resmi, Instagram telah mengumumkan apabila mereka memperbolehkan penggunanya untuk mencari sesuatu menggunakan kata kunci atau keyword. Untuk kamu yang memiliki bisnis di Instagram, tentu tak boleh ketinggalan untuk optimasi SEO di Instagram profil dan postinganmu.

Lalu, bagaimana cara untuk optimasi SEO di Instagram? Berikut ini penjelasannya!

Apa itu SEO Instagram?

SEO di Instagram adalah cara agar konten yang kamu unggah bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram. Jadi, semakin mudah profilmu ditemukan oleh calon pelanggan atau followers baru, maka akan meningkatkan brand awareness bahkan hingga penjualan. Untuk kamu yang membuka bisnis di Instagram, tak ada salahnya untuk mencoba optimasi SEO di Instagram untuk memperluas jangkauan bisnismu.

Faktor Pengaruh Optimasi SEO di Instagram

Pada dasarnya, SEO adalah teknologi yan dirancang menggunakan sistem dan algoritma yang juga berubah setiap saatnya. Hal ini membuat terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi optimasi SEO di Instagram, seperti berikut ini:

  • Aktivitas Pengguna. Aktivitas pengguna akan berpengaruh pada SEO Instagram, pengguna yang sudah memiliki interest di topik tertentu akan mendapatkan hasil pencarian yang berbeda dengan pengguna yang belum terbentuk interest topiknya.  
  • Pencarian Teks. Saat pengguna mencari di search bar, Instagram hanya akan menampilkan akun, hastag, lokasi, dan postingan yang paling relevan dan sesuai dengan interest pengguna.
  • Popularitas. Faktor selanjutnya yang berpengaruh dengan optimasi SEO di Instagram adalah popularitas dari sebuah akun, baik dari jumlah pengikut, likes dan comment dari akun atau postingan yang dicari. Akun dengan popularitas tinggi akan tampil paling atas di antara lainnya.

Cara Optimasi SEO di Instagram

Ini dia 5 cara untuk optimasi SEO di Instagram yang bisa kamu coba:

1. Gunakan Hashtag sebagai Kata Kunci

Langkah pertama untuk optimasi SEO di Instagram adalah dengan memasukkan kata kunci pada hashtag yang kamu gunakan. Kamu juga bisa memilih kata kunci yang spesifik dan menggambarkan produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual produk “Jaket Kulit” dan ingin memasarkannya di seluruh Indonesia, maka kamu bisa menggunakan beberapa pilihan kata kunci seperti:

  • #jaketkulit
  • #produkjaketkulit
  • #jaketkulitjakarta
  • #jaketkulitbandung

Pastikan untuk memilih kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna Instagram saat ini.

Baca Juga: Keyword Match Type Di Google Ads: Pengertian, Jenis, Dan Contohnya

2. Masukkan Kata Kunci di Display Name

Cara optimasi SEO di Instagram berikutnya adalah dengan memasukkan kata kunci ke Display Name profil Instagram. Kamu bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produkmu, misalnya kamu menjual jasa konsultan marketing. Maka Ana bisa mengganti display name mu menjadi “Konsultan Marketing” atau lebih spesifik dengan domisili seperti “Konsultan Marketing Jakarta” seperti berikut ini: 

Cara ini sangat efektif untuk pemula ataupun kamu yang sudah lama membangun bisnis di Instagram. Kuncinya, semakin spesifik kata yang dipilih, makan akan berpotensi mendatangkan konsumen baru untuk bisnismu.

3. Gunakan Alt Text

Alt Text ternyata memiliki peran penting dalam optimasi SEO di Instagram, loh! Alt Text adalah deskripsi gambar yang dapat dibaca oleh mesin pencari atau sekedar menjelaskan isi dari gambar. Kamu bisa memasukkan kata kunci produk bisnismu ke dalam Alt Text unggahan di Instagram.

Berikut ini langkah untuk menambahkan Alt Text Instagram:

  1. Pilih foto produk yang ingin kamu unggah.
  2. Pilih Advance Setting.
  1. Pilih Alt Text.
  1. Tulis kata kunci yang spesifik pada produkmu. 

4. Masukkan Kata Kunci Alternatif ke Profil

Langkah selanjutnya dalam optimasi SEO di Instagram adalah memasukkan kata kunci alternatif atau turunannya ke profilmu. Hampir sama dengan cara yang dijelaskan di awal, kamu bisa menggunakan tambahan kata kunci untuk memperjelas produkmu seperti, jenis produk, domisili penjual, dan sebagainya.

Misalnya ada pelanggan yang ingin mencari baju dengan harga yang murah, maka kamu bisa menambahkan kata kunci “Baju Pria Murah”, “Dress Wanita Murah”, “Kemeja Kantor Murah”, “Blouse Tunik Motif” dan sebagainya.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Dalam Keyword Research Ini!

5. Gunakan Kata Kunci pada Caption

Cara optimasi SEO di Instagram yang terakhir adalah dengan memasukkan kata kunci pada caption di setiap postinganmu. Tulislah caption yang relevan dengan konten yang kamu unggah, sehingga machine learning pada Instagram bisa memilih konten mana yang relevan dengan pencarian pengguna.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan cara optimasi SEO di Instagram ini untuk memperluas jangkauan bisnis atau mendatangkan konsumen baru untuk bisnismu. Tunggu apalagi? Saatnya kamu mencoba cara optimasi ini sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *